Thursday, 25 July 2013

MARI HIDUP SEHAT DENGAN NEWSTART; MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

Bagian I


Pada tahun 1990 diadakan penelitian mengenai 10 penyebab kematian terbanyak di Amerika dengan 700.000 sampel. Dan dari sekian banyak sample didapati bahwa asupan gizi-olahraga yang tidak cukup menempati urutan pertama, yakni sebesar 58.2000. Di urutan kedua adalah racun tembakau/ rokok sebanyak 46.8000, urutan ketiga yakni karena alkohol sebanyak 10.7000, urutan keempat karena penyakit infeksi dan yang kelima adalah karena keracunan. Kemudian lima tahun setelahnya, yakni tahun 1995, diadakan kembali penelitian mengenai 10 penyebab kematian di Amerika dengan variabilitas yang lebih spesifik dari kira-kira 1.000.000 sampel. Hasil yang didapat sungguh mengejutkan; penyakit jantung dan pembuluh darah menempati posisi teratas sebagai pembunuh nomor satu. Disusul oelh penyakit kanker, kemudian penyakit kronis paru-paru dan posisi keempat disebabkan oleh kecelakaan. Posisi kelima penyebab kematian adalah penyakit pneumonia atau infeksi virus pada saluran nafas, selanjutnya Diabetes Mellitus, kemudia penyakit HIV/ AIDS pada posisi ketujuh, sedangkan kasus bunuh diri cukup banyak hingga menempati urutan kedelapan. Penyakit liver dan gagal ginjal menempati urutan kedua paling bawah.

Data terbaru yang kami dapat, tahun 2013, maka penyebab kematian di Amerika yang paling banyak tidak banyak berubah dari tahun 1995, hanya bertukar tempat, yakni;























1. Penyakit Jantung
2. Kanker
3. Penyakit Serebrovaskular
4. Penyakit Saluran Nafas bagian bawah menahun
5. Kecelakaan
6. Diabetes mellitus
7. Influenza and pneumonia
8. Penyakit Aalzheimer’s
9. Gangguan Ginjal
10. Septicemia (blood poisoning)

ANTIBIOTIK VS GAYA HIDUP

Bila kita cermati dan harus mengakui maka semua penyakit yang tertera diatas merupakan penyakit yang ditimbulkan karena “gaya hidup” kita. Sebelum antibiotik ditemukan pada akhir abad ke-19 maka secara catatan sejarah penyakit infeksi merupakan penyakit wabah yang sangat cepat menular dan ditakuti, dan merupakan penyebab kematian di seluruh dunia. Sebuah pencapaian yang menggembirakan dan sangat memberi harapan ketika Alexander Flemming pada tahun 1928 berhasil menemukan Penicillin yang kemudian oleh Howard Florey, pada tahun 1941, berhasil meng-ekstrak Penicillin dan selanjutnya dunia beramai-ramai memproduksinya. Sekarang, infeksi bukanlah penyakit yang menakutkan dengan semakin banyak ditemukannya jenis anitibiotik yang baru. Dengan demikian memasuki abad ke-20, pola penyakit mengalami pergeseran, dari penyakit infeksi bergeser menjadi penyakit gaya hidup.


Kedokteran modern dengan jujur mengakui bahwa ilmu kedokteran yang ada tidak dapat menyembuhkan. Tidaklah heran dalam textbook-textbook dan pelaksanaannya di lapangan, kata yang digunakan adalah “management” ( tata laksana ) BUKAN “curing atau healing” (menyembuhkan). Artinya adalah bagaimana ilmu dan metode yang ada digunakan untuk menanggulangi gejala-gejala yang ditimbulkan. Meskipun masih kontroversial namun belakangan ini banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa “obat” yang sudah ada dan secara luas digunakan ternyata dalam jangka panjang justru menimbulkan masalah yang baru. Misalnya saja yang sempat membuat geger adanya pendapat bahwa vaksin MMR menyebabkan autis pada anak-anak. Pendapat kontroversial lainnya adalah penggunaan obat-obat anti-kolesterol kelompok statin menyebabkan dementia pada penggunaan jangka panjang. Meskipun sampai sekarang belum ada ketegasan yang pasti dan masih saling dibantah, setidaknya hal ini membuat kita berpikir dan kembali kepada slogan bahwa “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”.



APAKAH NEWSTART ITU?

NEWSTART merupakan sebuah metode yang dikembangkan dengan bertitik tolak pada usaha pencegahan. Prinsipnya adalah menyeimbangkan, menciptakan keselarasan dengan alam.



NEWSTART merupakan singkatan dari beberapa kata yang mengandung unsur-unsur yang berperan vital dalam menciptakan dan menjaga kesehatan tubuh manusia.




Dan sekarang, marilah kita kupas satu per satu tiap unsur dari NEWSTART;
1. NUTRITION (MAKANAN)
Beberapa hari yang lalu, penulis membaca sebuah artikel kesehatan di link Kompas.com yang mengatakan telah diadakan penelitian baru-baru ini mengenai pola makan dan hubungannya dalam memperpanjang usia hidup manusia. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak terbukti memiliki umur yang lebih panjang. Dan riset selama 5 tahun belakangan ini memang banyak yang mendukung pendapat senada seperti diatas.
Dr. Bradley Willcox, MPH, seorang profesor di bidang Geriatric di Universitas Hawai dan merupakan salah satu penulis buku The Okinawa Diet Plan, mengatakan bahwa makanan atau nutrisi yang paling baik untuk kesehatan adalah sayuran, buah dan kacang-kacangan polong segar, yang merupakan makanan rendah kalori dan kaya nutrisi alami.
Dr. Elizabeth M. Ward, seorang pakar Anti-aging, memaparkan beberapa jenis makanan sehat, alami dan merupakan anti-oksidan alami sehingga sangat membantu memperpanjang usia hidup sehat jika sungguh-sungguh diterapkan sebagai gaya hidup.


  • Kacang-Kacangan


Contoh yang dikrekomendasikan disini adalah kacang almond yang tinggi kandungan vitamin E dan anti-oksidan. Contoh lain adalah walnut yang kaya Omega-3.
Contoh sajian menu yang direkomendasikan :
Untuk sarapan kita bisa menggunakan salad, yogurt, sayuran hijau yang dimasak dan satu ons kacang almond ataupun walnut.
Satu ons kacang almond ( kira-kira 24 biji ) bisa dijadikan camilan yang sehat. Dengan mengkonsumsi sejumlah tersebut artinya Anda sudah memberi tubuh setengah kebutuhan vitamnin E untuk sehari.
Sebagai sarapan sehat lainnya adalah seporsi sandwich roti gandum kasar ( roti lapis ) dengan selai kacang.
Atau menghidangkan seporsi “smoothie” dengan campuran pisang dalam ukuran sedang, ½ gelas yogurt segar, ¼ gelas kacang yg sudah dicincang dan (jika suka) boleh menambahkan 2 sendok teh gula pasir.

Gambar kacang Walnut atau disebut kacang kenari


  • Ikan

Asosiasi Kesehatan Jantung di Amerika telah meneliti asupan ikan yang mengandung omega-3 dapat menguragi resiko terbentuknya plak pada pembuluh darah arteri; menurunkan level trigliserida darah, membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan angka kejadian kematian mendadak (sudden death). Ikan merupakan pilihan bijak sebagai sumber protein yang relative rendah lemak jahat dan sedikit mengandung jauh lebih sedikit kolesterol.

Pilihan yang terbaik adalah; ikan salmon, tuna kaleng dan ikan sarden.

Tips penyajian; makanlah paling sedikit menu dengan ikan tersebut dua kali dalam seminggu dibanding dengan daging berlemak. Gantilah daging ayam atau keju dengan tuna kaleng atau salmon kaleng secukupnya sebagai campuran salad.

Bagaimana jika saya alergi terhadap jenis segala ikan? Adakah sumber Omega-3 nabati?
Anda tidak perlu kuatir bahwa alam menyediakan seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh manusia dengan seimbang. Dan menurut penelitian Omega-3 yang berasal dari nabati “lebih menguntungkan” karena lebih mudah diserap tubuh. Salah satu sumber Omega-3 nabati yang tinggi adalah “flax seed”. Flax seed ini juga mengandung estrogen alami dan berpotensi kuat berfungsi untuk melawan kanker.


  • Minyak Olive atau minyak zaitun
Minyak olive/zaitun yang direkomendasikan; "extra-virgin"

Minyak olive kaya akan lemak jenis mono-unsaturated yang memberi perlindungan kepada jantung. Dan sudah dibuktikan bahwa minyak olive bebas lemak trans yang sering terdapat dalam makanan olahan atau margarin.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli nuerologi pada orang-orang usia 60 tahun keatas, mendapatkan bahwa golongan yang semakin sering atau banyak mengkonsumsi lemak trans dan saturated, maka semakin cepat juga penurunan daya kognitif mereka dalam waktu enam tahun.

Banyak jenis minyak olive/ zaitun di pasaran tetapi yang paling unggul adalah jenis “extra-virgin” yang berpotensi paling kuat meninggikan kadar HDL (lemak baik) pada laki-laki.
Minyak olive dengan jenis “extra-virgin” juga mengandung level oleochantal yang berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan.

Meskipun minyak olive sangat baik, tetap harus diingat bahwa minyak olive bersifat “caloric”, artinya juga mengandung kalori. Artinya adalah Anda HANYA boleh menggunakan MAKSIMAL 7 sendok teh minyak olive (dengan asumsi bahwa Anda tidak menggunakan jenis minyak lain) jika kalori kebutuhan Anda adalah 2.000; jika kebutuhan kalori Anda adalah 1.600 maka Anda cukup menggunakan total sebanyak 5 sendok teh dalam sehari.

Mengganti penggunaan margarin atau mentega dengan minyak olive sangat dianjurkan.
  • Sayuran dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang terbaik, selain kandungan ratusan fitonutriennya yang bersifat anti-oksidan. Anti-oksidan, seperti kita tahu, merupakan substansi yang berperan memperlambat proses penuaan (anti-aging). Orang-orang yang mengkonsumsi buah dan sayur 10x lebih banyak dari rata-rata, terbukti mempunyai tulang yang kokoh. Kalsium dan magnesium yang berasal dari sayur-sayuran bewarna hijau gelap jauh lebih bermanfaat daripada yang berasal dari produk hewani.

Buah-buahan yang direkomendasikan; strawberi, blueberi, cranberi, raspberi, apel, dan ceri.

Sayur-sayuran yang direkomendasikan; sayuran hijau, bayam, brokoli, artichoke, alpukat, kembang kol, wortel, asparagus, labu, bawang dan muntul atau ubi jalar (sweet potato).

Biasanya, semakin gelap warna sayur atau buah-buahan, dipercaya semakin tinggi kandungan anti-oksidannya. 
Yang disebut "sweet potato". Di Indonesia, disebut muntul atau ubi-ketela jalar; ada yang kulitnya bewarna ungu.


Jenis labu yang disarankan, disebut "pumpkin"


Bentuk tanaman yang disebut "artichoke"


  • Polong-polongan ( Legumes )

Termasuk didalamnya adalah; kacang merah, kacang hijau, kedelai, jagung, kacang polong, kacang tanah.
Jenis polong-polongan ini merupakan sumber karbohidrat terbaik yang dikombinasi dengan serat. Fungsinya adalah menjaga kadar gula dan insulin darah berada dalam level yang optimal. Polong-polongan ini juga mengandung anti-oksidan.
Dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi kedelai, misalnya dalam bentuk tahu atau tempe, dicampur dalam sop atau sebagai bahan nyamikan sore, dibanding makanan yang terbuat dari daging.
  • Gandum utuh ( whole grain )

Kenapa lebih direkomendasikan gandum utuh? Karena gandum utuh mempunyai komposisi kandungan nutrisi, serat, vitamin E, anti-oksidan yang “terjaga”.
Termasuk dalam jenis ini yaitu: oat-meal, roti tawar gandum-utuh, Barley, Quinoa dan beras hitam ( wild rice ).

Ini contoh oatmeal. Di Indonesia yang paling dikenal adalah merk QUAKER


Ini gambar gandum jenis Quinoa

Semua jenis gandum utuh ini sangat baik digunakan sebagai sarapan dan snack. Misalnya dikombinasi dengan pasta lain, atau dihidangkan bersama pizza ataupun nasi goreng.
Untuk snack atau nyamikan sore hari misalnya dibuat sebagai isi pastel panggang.
Beras hitam ini berbeda dengan beras merah. Dan baru belakangan menjadi trend di kalangan praktisi kesehatan  

  • Susu rendah lemak
Susu tetap penting untuk perkembangan tulang. Tetapi pilihlah produk susu yang rendah lemak, entah yang tertulis “fat-free” ataupun “1% fat”. Susu kaya akan kalsium dan biasanya “ditambahkan” vitamin D yang dibutuhkan dalam proses penyerapan kalsium. Kebutuhan Vitamin D yang adekuat mencegah munculnya penyakit pada prostat, usus besar dan kanker payudara.





Bukan melulu tentang apa yang kita makan yang memperpanjang usia hidup sehat kita, namun juga ada hal lain seperti jumlah kalori dalam tubuh ataupun lemak.



“ Kelebihan berat badan memberikan beban tambahan kepada jantung, pembuluh darah, persendian dan memicu lebih cepat munculnya penyakit degeneratif.” Kata Dr. Willcox.



Dengan “memangkas” beberapa ratus intake kalori Anda per hari, mungkin dapat membuat umur Anda mencapai 80 bahkan 90 tahun.

Dr. Willcox membuat sebuah penelitian diantara 2.000 laki-laki yang tidak merokok, yang dinilai pola atau kebiasaan makannya. Laki-laki yang mengkonsumsi 1.900 kalori per hari, yang artinya 15% lebih rendah dari umumnya ( untuk populasi di Amerika ), ternyata mempunyai umur rata-rata 36 tahun lebih panjang.



Meskipun demikian, tidak ada yang dapat memastikan berapa nilai kalori yang pasti untuk menjamin umur panjang. Yang jelas, dengan mengurangi asupan kalori berarti juga menurunkan suhu inti tubuh dan menurunkan level insulin dalam darah ( dua hal  ini merupakan parameter utama yang selama ini dipelajari dalam hal penelitian usia hidup sehat yang panjang-longevity ). Dalam Jurnal of the American Medical disebutkan bahwa orang-orang dengan berat badan berlebih yang mengurangi sampai 25% asupan kalorinya menunjukkan penurunan suhu inti tubuh dan kadar gula puasa yang normal dalam darahnya.



Berumur panjang dan tetap sehat? Hampir kita semua pasti menginginkannya dan berusaha untuk mencapai itu. Dengan mempraktikkan pola makan yang sehat dan elemen lainnya, mudah-mudahan niat itu bisa tercapai.



Satu lagi prinsip yang sudah sering kita dengar tetapi mungkin kita angap sepele,”Makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang.” Dalam slogan ini mengandung arti bahwa hendaknya kita menerapkan jam makan yang teratur, termasuk tidak makan diantara jam makan. Ingat, bahwa sistem saluran pencernaan kita membutuhkan 3-4 jam untuk menyelesaikan satu periode makan. Jika kita seringkali ngemil, maka kita tidak memberikan waktu istirahat kepada sistem pencernaan.

Sebuah study pernah dilakukan terhadap dua kelompok tikus. Kelompok pertama diberikan makan hanya setengah porsi dari kebutuhan mereka, sedangkan kelompok kedua diberikan makan lebih dari yang mereka butuhkan. Ternyata, tikus-tikus dari kelompok pertama, yakni yang diberi makan setenga porsih dari kebutuhan mereka, mempunyai umur hidup yang lebih panjang 3x dari tiku-tikus yang diberi porsi makan berlebih.



Apakah elemen lainnya itu?

Nantikan artikel kesehatan selanjutnya!

No comments:

Post a Comment