Monday 5 August 2013

TIPS UNTUK MENANGGULANGI MOOD YANG TIDAK STABIL


 MOOD yang fluktuatif, tiba-tiba senang dan berubah menjadi sedih seketika bisa dikontrol. Kelaianan ini disebut sebagai bipolar disorder. Bipolar disorder  ini merupakan gangguan kesehatan mental serius yang ditandai dengan serangkaian perubahan mood tidak normal, apalagi sering didampingi dengan euforia(rasa kesenangan) yang diselingi dengan serangkaian gejala depresi.

Orang dengan bipolar disorder biasanya ditangani dengan stabilisator mood dan obat-obatan lainnya. Namun untuk mempertahankan gaya hidup sehat bebas obat-obatan. Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda.



1. Batasi asupan kafein dan nikotin yang biasanya terdapat dalam rokok saat mengalami serangkaian gejala. Kafein dan nikotin bekerja sebagai stimulan, yang bisa memperburuk gejala. Di samping itu, terlalu banyak kafein bisa mengubah kebiasaan tidur, yang jika itu terganggu dapat semakin memperburuk gejala juga.



2. Gunakan obat. Konsumsi obat Anda setiap hari sesuai dengan resep dokter. Secara umum, 1 dari 3 orang akan tetap bebas dari gejala-gejala bipolar disorder dengan cara menggunakan obat stabilisator mood, seperti carbamazepine atau lithium, sepanjang hidup.



3. Olahraga rutin. Melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 30 menit sehari dinyatakan bisa membantu mengontrol perubahan mood.



4. Konsumsi diet seimbang. Pastikan kalau Anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Makan secara teratur setiap hari bisa membantu mengurangi stres dalam rutinitas harian Anda.



5. Hindari bepergian ke negara dengan zona waktu yang berbeda. Jika hendak melakukan perjalanan jauh, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Bepergian ke negara yang memilki zona waktu berbeda akan mengganggu jadwal penggunaan obat Anda dan memicu serangkaian gejala depresi berat.



6. Tidur dengan durasi yang sama setiap malam. Perubahan pola tidur bisa memicu hadirnya serangkaian gejala depresi berat. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Usahakan agar perbedaannya tidak lebih dari 1 jam. Dan kualitas tidur terbaik adalah dengan durasi 6 jam sampai dengan 8 jam.



7. Hindari alkohol dan obat terlarang. Satu teguk alkohol saja bisa mengganggu tidur, mengubah mood, atau mengganggu obat yang sedang di gunakan. Hal ini akan memperburuk gejala bahkan memicu hadirnya gejala-gejala berantai.



8. Kurangi stres di rumah dan di tempat kerja. Cobalah bekerja dengan durasi yang sama di kantor. Dengan begitu stres tidak tidak memicu serangkaian gejala depresi berat. Atau jika stres di rumah atau di tempat kerja menjadi pemicu, cobalah mengikuti konseling. Selain itu, jangan lupa meluangkan waktu untuk rekreasi, bahkan untuk jangka pendek. Libatkan diri Anda dengan orang lain dan bergembiralah bersama mereka.



9. Cari bantuan secepatnya. Jangan biarkan gejala-gejala depresi mengganggu aktivitas keseharian Anda. Ada baiknya segera berkonsultasi dengan ahlinya. Seringkali Anda tidak menyadarai gejala awalnya, jadi luangkan waktu untuk memberi informasi kepada orang terdekat Anda mengenai gangguan dan gejala yang Anda derita. Dengan begitu, mereka bisa mengingatkan Anda begitu melihat adanya perubahan mood. Tunjukkan pada mereka kalau Anda menerima umpan balik seperti itu, dan akan menanggapi secara serius saat diingatkan.




Salam sehat, semoga dengan serangkain tips di atas dapat mengontrol mood setiap kita..

No comments:

Post a Comment